SELAMAT KEPADA PROGRAM STUDI GIZI ATAS
DIRAIHNYA PENGHARGAAN CAPAIAN IKU TIGA
TERBANYAK DI UNIVERSITAS SILIWANGI

SERAH TERIMA MAHASISWA PKL GIZI MASYARAKAT

Bertempat di dinkes Kesehatan Kabupaten Tasikmalaya, pada hari senin tanggal 24 Juli 2023, dilaksanakan kegiatan serah terima mahasiswa PKL Gizi Masyarakat. Pada tahun akademik 2023/2024, kegiatan PKL Gizi masyarakat akan diikuti oleh 81 mahasiswa semester tujuh atau mahasiswa Angkatan tahun 2020 yang telah menyelesaikan seluruh mata kuliah in class, sehingga Inshaa Allah sudah siap melaksanakan praktek aplikasi keilmuan di lahan praktek. Tujuan dari PKL Gizi Masyarakat ini adalah Mahasiswa memperoleh pengalaman belajar langsung bagaimana seorang Tenaga Petugas Gizi di Puskesmas dalam melaksanakan tugas nya baik di luar Gedung (di masyarakat) maupun di dalam Gedung.
Pada acara serah terima mahasiswa Prodi Gizi ini, Dekan Fakultas Ilmu Kesehatan menyerahkan 81 mahasiswa yang akan melaksanakan kegiatan PKL Gizi Masyarakat di wilayah Kabupaten Tasikmalaya. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tasikmalaya yang menerima ke-81 Mahasiswa prodi Gizi menyampaikan bahwa Inshaa Allah mahasiswa akan belajar banyak selama kegiatan PKL Gizi Masyarakat, karena waktu pelaksanaan bertepatan dengan kegiatan penimbangan balita. Bapak kepala Dinas berpesan agar mahasiswa dapat memanfaatkan waktu sebaik-baiknya untuk belajar di Masyarakat.
Pada tahun akademik 2023/2024 pelaksanaan PKL Gizi Masyarakat mengambil lokasi di 10 puskesmas yang ada di wilayah Kabupaten Tasikmalaya, yang akan terbagi dalam dua rotasi. Rotasi tersebut adalah sebagai berikut :
⦁ Rotasi 1, akan dilaksanakan mulai tanggal 29 Juli hingga 26 Agustus 2023, yang bertempat 5 puskesmas, yaitu puskesmas Cisayong, Sukahening, Rajapolah, Ciawi, dan Jamanis.
⦁ Rotasi 2, akan dilaksanakan mulai tanggal 7 Oktober hingga 4 November 2023, yang bertempat di 5 puskesmas, yaitu Puskesmas Singaparna, Sariwangi, Tineuwati, Sukarame dan Kadipaten.
Sebelum mahasiswa diterjukan dalam Kegiatan PKL Gizi masyarakat ini, maka telah dilakukan beberapa kegiatan Pra-PKL yang meliputi:
⦁ Perijinan untuk kegiatan PKL masyarakat kepada dinas Kesehatan kabupaten Tasikmalaya, Puskemas, dan Kecamatan tempat pelaksanaan PKL Gizi Masyarakat.
⦁ Sosialisasi dan penyamaan persepsi pelaksanaan PKL Gizi kepada mahasiswa pada tanggal 3 Juli 2023.
⦁ Refreshing materi fokus pada bidang gizi masyarakat selama dua hari dari tanggal 13 hingga tanggal 14 Juli 2023.
⦁ Penyamaan persepsi dengan seluruh CI dari 10 Puskesmas Lokasi PKL Gizi Masyarakat pada tanggal 18 Juli 2023.

Fakultas Ilmu Kesehatan khususnya Program Studi Gizi sangat berterima kasih atas ijin yang telah diberikan oleh kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tasikmalaya.